Mengenal Audiobook Sebagai Alternatif Ketika Malas Baca Buku




Apa yang akan kalian lakukan kalau kalian lagi mager/males baca buku? Apakah kalian akan mengatasinya dengan main handphone -- buka sosmed/dengerin musik?

Sebagai pelajar yang diharuskan setiap harinya untuk belajar atau sekedar menambah wawasan baru, membaca tentunya menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Sebenarnya tidak melulu harus pelajar sih yaa orang dari entah dia backgroundnya apa juga harus gemar membaca.

Untuk yang malas baca buku kini kalian tidak usah khawatir nih kareanaaaa  Audiobook hadir sebagai solusi ketika kita sedang malas baca buku.

Audiobook adalah versi audio dari sebuah buku yang diterbitkan oleh penerbit. Ini mungkin yang paling umum diketahui orang, walaupun di Indonesia sendiri masih jarang penerbit menjual versi audio dari sebuah buku.  Kalau di luar negeri, industri ini sudah sangat besar. Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang menyediakan audiobook, mulai dari yang Gratis sampai yang harus Subscribe/Berbayar.

Cara paling mudah untuk mendengarkan audiobook itu lewat smartphone yaa because biasanya benda ini yang akan kamu bawa terus kemana-mana. Di zaman now ini smartphone sudah tidak lagi berfungsi sebagai alat komunikasi saja tapi juga media hiburan dan pembelajaran.


Di aplikasi berbayar, aku pernah beli audiobook Bahasa Inggris dari Audible.com (perusahaan milik Amazon.com yang mana adalah perusahaan penerbit audiobook terbesar di dunia). Perusahaan ini punya koleksi ratusan ribu audiobook dari mulai buku-buku popular sampai buku jadul. Genrenya sangat beragam dan jenis bukunya ada fiction, non-fiction, bibliography, dll.  Selain Audible.com aku juga suka mendengarkan audiobook di Spotify (aplikasi yang orang-orang kenal sebagai aplikasi streaming music).

tampilan audiobook di Spotify
Di Spotify ini kalau mau denger audiobook, kamu tinggal search aja di tab pencarian lalu nanti akan muncul kayak di foto diatas.

Ada juga aplikasi gratis yang bisa kalian gunakan untuk mendengarkan audiobook, seperti:

  1. Librophile, website yang menyediakan koleksi audiobook fiksi dan dongeng serta cerita rakyat seperti The Prince and The Pauper dan Sherlock Holmes.
  2. Ejunto, di peruntukan untuk kalian yang suka membaca buku biografi orang-orang hebat maka kamu wajib mengunjungi website ini. Ejunto juga menyediakan audiobook berupa biografi, sejarah dan lain sebagainya. Kamu bebas mengunduh semua audiobook yang kamu inginkan.
  3. Librivox, free public domain audiobooks yang dibacakan oleh sukarelawan dari penjuru dunia. Jadi audiobook disini bisa dibilang sumbangan dari orang-orang dari berbagai orang di dunia
  4. Bookbox, menyediakan cerita untuk bedtime story anak Anda atau melatih listening si kecil? Berkunjunglah ke situs ini dan Anda akan menemukan cerita-cerita pendek audiobook yang cocok didengarkan oleh anak-anak. Cerita-ceritanya menarik dan memang ditujukan untuk anak-anak
  5. Audiobooks Treasury, website yang menyediakan berbagai koleksi Audiobooks dengan lengkap dan berbagai genre dengan cara downloadnya yg mudah.

Oke sekian pengenalannya. Silahkan berikan komentar dibawah jika ada yang ingin ditanyakan. Terima kasih sudah berkunjung.



Mengenal Audiobook Sebagai Alternatif Ketika Malas Baca Buku Mengenal Audiobook Sebagai Alternatif Ketika Malas Baca Buku Reviewed by Eva on April 30, 2019 Rating: 5

6 comments:

  1. interesting eva. thanks for the info

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama bu, makasih juga sudah berkunjung hehe

      Delete
  2. Sangat bermanfaat kak.... saya jafi tau tentang audiobook, makasih yaaa...
    Jangan lupa mampir ke blog aku juga yaaa
    Https://resanjani.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak sama-sama, oke siap meluncur~

      Delete
  3. Wahh bener info bagus, saya juga baruu tauu mantull ka

    -tutor milineal

    ReplyDelete

Advertisement

Powered by Blogger.